Senin, 12 Desember 2011

Istirahatkan Otak 20 Menit Untuk Mengingat Sesuatu yang Lupa


Berdasarkan studi yang dilaporkan dalam Nature Neuroscience, ketika seseorang mencoba mengingat sesuatu secara cepat hal yang dilupakannya, maka ada berbagai informasi yang saling bertolak belakang sehingga mengganggu kemampuan otak untuk mengingat.

Hal ini menunjukkan bahwa otak tidak memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyimpan informasi, tapi membutuhkan beberapa waktu untuk mempelajari hal-hal baru sehingga bisa benar-benar menyimpannya.

“Terkadang memori kedua yang masuk ke otak kemungkinan bisa menggangu memori pertama yang sudah ada,” ujar Edwin Robertson D.Phill, profesor neurologi dari Harvard Medical School, seperti dikutip dari, Menshealth.com, Jumat (9/9/2011).

Untuk memastikan bahwa seseorang tidak kehilangan informasi yang penting, maka cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam. Robertson menuturkan jika ingin mengingat dua hal yang berbeda atau tidak berhubungan, maka cobalah mengambil istirahat selama 20 menit diantara keduanya.

Dalam studi sebelumnya peneliti menemukan memberikan waktu istirahat selama 20 menit sudah cukup bagi otak merefresh, sehingga bisa berpikir lebih jernih dan mengingat kembali.

Lupa merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam memori otaknya. Umumnya seiring bertambah usia, kemampuan memori otak juga akan menurun.

Selain melakukan istirahat ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan memori dan mengurangi risiko mudah lupa, yaitu tetaplah aktif secara mental, sosial dan fisik, serta mengonsumsi makanan yang bisa menyehatkan otak seperti rendah lemak dan kolesterol tapi kaya akan sayuran berwarna gelap dan juga buah-buahan.

Sumber: detikhealth.com

8 komentar:

  1. Hi, thank you for visiting my blog. I appreciate that a lot. Here to return the favor, say HI and check out your site.

    Have a great day! ☺

    BalasHapus
  2. bner2 informasi yang sangat bagus!!
    kunjungan malam disini!!

    BalasHapus
  3. informasi yang bermanfaat sobat,bearti jika ku nanti lupa kan sesuatu mesti mengistirahatkan otak sekitar 20 menit biar ingat kembali,hehe, thank's happy blogging

    BalasHapus
  4. Resolusi Juara 2011 | Wah kalo saya sering lupa mengambil sesuatu, paling sering kejadian seperti itu, nice post

    BalasHapus
  5. wah,,boleh juga nic bwt ngerjakan Soal Ujian...tapi,,misalkan ad 30 soal ujian,,n jawabannya Lupa semua,,, butuh untuk mengingat 20 menit/Jawaban.jadi 20 X 30 SOal = 600 menit/ 60 = 10 Jam...hehehehehe..Lama Gan...(^_^)..Just Kid...

    BalasHapus
  6. Informasi yang bermanfaat dan sangat bagus sobat, salam kenal, ...
    ditunggu ya sob.........jangan lupa follownya sobat...

    BalasHapus

Pengikut