Kamis, 08 Desember 2011

Bambu sebagai bahan bangunan


BAMBU … merupakan bahan bangunan yang tahan lama, dimana selama ini lebih dihargai karena keindahan estetika dan kualitas tak tertandingi di bidang konstruksi.

12983324971075988846
Keuntungan menggunakan bambu
* Bambu adalah bahan ringan karena berbentuk lingkaran dan memiliki bagian berongga, itu juga membuat mudah untuk ditangani, transportasi dan penyimpanan, memungkinkan pembangunan struktur lebih cepat.
* Karena karakteristik fisik membuatnya menjadi bahan yang kuat namun elastis, banyak kehandalan bambu, anti-seismik yang tinggi, yang bisa melengkung tanpa pecah, juga dapat digunakan dalam semua jenis struktural.
* Bambu memiliki serat, yang memungkinkan dipotong melintang atau membujur menjadi potongan-potongan berbagai ukuran, dengan menggunakan alat yang sangat sederhana.
* Bambu memiliki nada yang sangat menarik dan kulitnya halus dan tidak memerlukan Scraping atau polishing.
* Batang bambu dapat dimanfaatkan secara penuh.
* Bahan bangunan bambu memungkinkan dipakai bersama dengan bahan kayu, logam dan lain-lain.
* Bambu sebagai bahan bangunan dengan harga terendah.

Tips menggunakan bambu untuk konstruksi
* Harus memiliki tenaga terlatih dalam pembuatan desain struktur sesuai untuk bangunan dengan bambu.
* Hal yang sangat penting: memilih bambu yang telah melalui proses pengawetan dan dipanen pada tingkat kematangan optimal.
* Jika perlu menyimpan bambu sebelum digunakan, penempatannya harus tepat sehingga materinya (bambu) mendapatkan ventilasi yang baik untuk mencegah kelembaban, sebaiknya ditempatkan secara vertikal.
* Tebal dinding dan diameter bambu adalah variabel sepanjang panjangnya, sehingga perlu untuk mengambil pertimbangan untuk penggunaan yang tepat dan lokasi bahan, memanfaatkan total.
* Tidak dianjurkan penempatan yang bambu terus-menerus kontak dengan tanah yang lembab, direkomendasikan penggunaan dasar beton, yang menyediakan platform terisolasi dari kelembaban.
* Hindari penggunaan paku, karena bambu jadi mudah terbelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut